Cara Menonaktifkan Windows Defender

Updated on February 02, 2016
Windows Defender
Cara Menonaktifkan Windows Defender - Windows Defender adalah Antivirus yang secara otomatis terinstall pada Windows. Windows Defender memiliki fitur dengan kemampuan perangkat anti-pengintaian (antispyware). Windows Defender meliputi sejumlah real-time security agents yang mengawasi beberapa area umum pada Windows yang mengalami perubahan-perubahan yang mungin disebabkan oleh spyware. Windows Defender juga terintegrasi dengan Microsoft Spynet, sehingga para pengguna dapat melaporkan kepada Microsoft mengenai kemungkinan-kemungkinan spyware, serta aplikasi dan pemacu peranti (device drivers) yang dimungkinkan untuk dipasang pada system mereka. Meskipun Windows Defender memliki fitur yang mumpuni namun banyak orang yang tidak menyukai Antivirus ini.

Langkah-langkah Menonaktifkan Windows Defender:

1. Buka Group Policy melalui Start Menu atau tekan tombol Windows + R dan ketik/cari "gpedit.msc"

Cara Menonaktifkan Windows Defender

2. Pergi ke Administrative Templates --> Windows Components --> Windows Defender Antivirus dan pilih dan double click Turn off Windows Defender Antivirus.

Cara Menonaktifkan Windows Defender

3. Kemudian pilih Enable dan klik Apply lalu OK, terakhir Restart PC.

Cara Menonaktifkan Windows Defender

Note: Jika ingin mengaktifkan kembali Windows Defender pada langkah ketiga pilih Not Configured atau Disabled lalu klik Apply dan OK, terakhir Restart PC.

Semoga bermanfaat.. :)